Untitled Document
 

Latar Belakang


Sejarah perkembangan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Watampone bermula dengan status sebagai Fakultas Syariah yang diresmikan tahun 1985 di bawah naungan IAIN Alauddin Makasssar. Lembaga ini kemudian berubah bentuk menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Watampone di tahun 1997 berdasarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 216 tahun 1997, dengan tugas pokok melaksanakan pendidikan dan penelitian serta pengabdian masyarakat di bidang ilmu Pengetahuan Agama Islam, Teknologi dan atau kesenian yang bernafaskan Islam berdasarkan aturan dan Undang-Undang yang berlaku.

Perubahan bentuk tersebut itu bukan merupakan perubahan/perkembangan yang terjadi berdasarkan inisiatif dan dinamika internal sivitas akademika, melainkan merupakan bagian dari kebijakan nasional dalam mengembangkan Sistem Pendidikan Nasional. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Watampone, seperti lazimnya Perguruan Tinggi Negeri, tidak boleh lupa akan dasar kelahirannya tersebut karena hal itu mengandung konsekuensi dalam menyusun rencana memasuki era baru di abad ke-21.

 

STAIN Watampone sebagai lembaga pendidikan yang keberadaannya atas inisiatif pemerintah dan kemerdekaannya dibatasi oleh kebijaksanaan pemerintah, harus menyongsong masa depan yang penuh tantangan dan menata diri. Untuk itulah diperlukan suatu perencanaan strategis, suatu model perencanaan yang linier yang tidak hanya menerjemahkan kebijaksanaan yang ditetapkan pemerintah, melainkan suatu road map yang memuat berbagai keputusan fundamental dan tindakan yang mengarahkan apa yang harus dilakukan oleh lembaga/institusi dan mengapa sesuatu itu harus dilakukan.

Perencanaan adalah suatu komponen yang penting bagi pengembangan mutu organisasi. Tanpa perencanaan yang matang keberhasilan untuk memajukan organisasi hanyalah sebuah cita-cita belaka. Yang lebih dalam sebuah perencanaan adalah yang menyangkut perencanaan strategis, ketika perencanaan strategis sudah ditetapkan maka pelaksanaannya akan memungkingkan perbaikan mutu organisasi. Perencanaan strategis dapat dipahami sebagai upaya yang didisiplinkan untuk membuat keputusan dan tindakan penting yang membentuk dan memandu bagaimana menjadi organisasi, apa yang dikerjakan organisasi, dan mengapa melakukannya. Yang terbaik, perencanaan strategis mensyaratkan pengumpulan informasi secara luas, eksplorasi alternative, dan menekankan implikasi masa depan.

 

Untuk menyusun perencanaan strategis diperlukan pemahaman yang jelas mendalam tentang visi dan misi yang diembang agar dapat mewujudkan komunikasi dan partisipasi. mengakomodasi kepentingan dan nilai yang berbeda, dan membantu pembuatan keputusan secara tertib dan keberhasilan implementasi keputusan. Arti penting perencanaan strategis  berasal dari kemampuannya membantu organisasi maupun komunitas publik dan nirlaba merespon lingkungan secara efektif yang telah berubah secara dramatis dan kini didepanya

DOWNLOAD SLIDE/MATERI SELENGKAPNYA

Bab_I_Renstra_Perubahan.docx  [Download]

Link Perencanaan dan e-Planning

Untitled Document
Pengumuman & Info Penting

Untitled Document

Kontak Kami

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone
Jl. HOS Cokroaminota Watampone
Kabupaten Bone-Sulsel
Telepon : 0481 26653-26153-27513
FAX : 23928
E-mail :
support@perencanaan.iain-bone.ac.id

Website:
http://perencanaan.iain-bone.ac.id